8 Fakta Penting Tentang Kanker Payudara

Fakta seputar kanker payudara

Fakta seputar kanker payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling banyak membunuh kaum wanita. Maka dari itu mari kita simak 8 fakta penting seputar kanker payudara.

1. Kanker payudara merupakan musuh utama kaum wanita, pria juga dapat terkena kanker payudara tapi kemungkinannya sangat kecil 1:1000 wanita. Mayoritas kanker payudara menyerang wanita karena hormon estrogen dan progesteron yang tinggi pada wanita yang sangat beresiko menimbulkan sel abnormal seperti kanker, kista, atau miom pada wanita.

2. Ketika menstruasi, payudara terasa sakit apakah itu kanker? Belum tentu, sebab payudara merupakan organ seksual sekunder yang sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen. Pada saat wanita mengalami menstruasi maka hormon estrogen akan meningkat menjadi tidak stabil yang akan membuat payudara terasa penuh, mengeras, atau membesar dan akan terasa nyeri bila terkena sentuhan.

3. Apakah payudara yang besar sebelah mengindikasikan kanker? Hal ini juga harus diketahui karena memang ukuran payudara wanita tidaklah sama persis yang ditentukan oleh berapa banyak jaringan lemak yang ada di dalam payudara. Hal ini merupakan hal yang normal, yang harus diwaspadai adalah apabila anda menemukan perubahan bentuk dan ukuran yang radikal terjadi dalam waktu singkat.

4. Wanita yang memberikan ASI lebih kecil resikonya terkena kanker payudara. Dalam beberapa penelitian menunjukkan hasil yang baik, seorang ibu yang menyusui bayinya selama 25 sampai 60 minggu dapat mengurangi resiko dirinya terserang oleh kanker payudara.

5. Rutin berolahraga mampu cegah kanker payudara. Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri telah memberikan dampak yang sangat baik bagi pencegahan seluruh jenis penyakit terutama kanker. Dengan berolahraga 30 sampai 45 menit sehari dapat mengurangi resiko terkena kanker sebesar 30% menuru American Cancer Society.

6. Kenali WASPADA menurut yayasan kanker Indonesia yang merupakan pedoman untuk mendeteksi kanker dengan melihat 7 hal di bawah ini:
• W = Waktu buang air kecil kenali perubahan kebiasaan atau adanya gangguan.
• A = Alat pencernaan mengalami gangguan atau sulit makan.
• S = Suara berubah menjadi serak disertai batuk yang sulit sembuh.
• P = Payudara muncul benjolan.
• A = Andeng andeng (tahi lalat) yang di sekitar area payudara membesar / terasa gatal.
• D = Darah atau cairan yang tidak normal keluar dari puting payudara.
• A = Adanya luka pada area payudara yang sulit mengering dan sembuh.

7. Apakah kanker payudara dapat sembuh total? Hal ini kurang tepat karena harus melihat 5 years survival rate (angka kelangsungan hidup dalam 5 tahun setelah terdiagnosa positif kanker). Tergantung bagaimana ciri ciri tumor, penyebaran ke kelenjar getah bening, dan sifat kanker itu sendiri yang biasa dikenal dengan TNM (Tumor Node Metastasis).

Baca juga artikel mengenai obat tradisional kanker payudara ampuh

8. Kondisi kasus seperti apa yang harus dilakukan pengangkatan payudara? Hal ini merupakan keputusan dokter yang melihat kondisi stadium kanker yaitu mastektomi radikal klasik, radikal modifikasi, dan sampel. Apabila cukup banyak jaringan kulit, otot, dan kelenjar getah bening maka akan dilakukan pengangkatan dengan prinsip mengangkat sebanyak mungkin sel kanker dengan struktur jaringan yang sudah rusak agar sel kanker tidak menyebar ke jaringan yang masih sehat.

Source : www.nationalbreastcancer.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *