Apa itu Penyakit Jantung Koroner?

Apa itu penyakit jantung koroner? – Ketika merasakan nyeri dibagian dada, 1 hal utama yang pertama kali terpikirkan mungkin ialah sakit jantung. Nyeri di dada tentu menjadi suatu yang mencemaskan dan perlu buat di waspadai. Walaupun demikian, tahukah Anda bahwa tak semua sakit di dada adalah pertanda sakit jantung? Dibawah ini terdapat beberapa fakta tentang nyeri dada yang perlu diketahui.

Tak semua sakit di dada bermula dari jantung

Jantung koroner

Pernahkah Anda mengalami sakit di dada dan Anda berpikir kalau Anda mengidap sakit jantung, tapi saat Anda berobat ke dokter rupanya cumalah sakit maag? Atau kemungkinan juga Anda sempat mengalami nyeri pada ulu hati yang Anda duga cuman sakit maag biasa, rupanya justru Anda kena serangan jantung?

Pada faktanya sukar buat membedakan antara pemicu nyeri dada, dikarenakan tak semua nyeri di dada bermula dari jantung. Nyeri dada bisa saja dipicu oleh beragan organ, seperti paru-paru, tulang rusuk, otot, syaraf ataupun saluran pencernaan yang masing-masing punya ciri khas yang bisa membantu dokter buat membedakan setiap faktor pemicu. Sukar buat Anda untuk membedakannya, untuk itu ada baiknya  periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami gejala seperti yang dikatakan diatas.

Berbagai penyakit jantung yang memicu sakit dada

Bila rupanya Anda mengidap sakit jantung, pemicunya pun amat beragam. Yang paling kerap dijumpai ialah sumbatan di pembuluh darah jantung / yang lebih dikenal denganpenyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner bisa muncul akibat adanya sumbatan di pembuluh darah jantung yang memicu pasokan oksigen & darah ke otot jantung menurun yang memunculkan rasa nyeri, dikenal dengan angina. Pada saat sumbatan memicu kematian di otot jantung, maka nyeri akan terasa lebih luar biasa dan kerusakan jadi permanen.

Tak cuman sumbatan, penyakit lain pada jantung seperti infeksi otot jantung ( miokarditis ), infeksi selaput jantung, dan kerusakan di katup jantung bisa juga memicu rasa nyeri di dada.

Gejala Penyakit Jantung Koroner yang Perlu Dikenali

Rasa nyeri dibagian dada yang di picu oleh penyakit jantung koroner punya ciri khas tertentu. Mengetahui ini bisa membantu Anda buat cepat mengambil keputusan buat segera mencari pertolongan pada dokter, berikut ini adalah tanda-tanda / gejalanya mencakup :

  • Muncul nyeri dada saat jantung mesti bekerja lebih keras
  • Umumnya asa nyeri bisa mereda dengan istirahat
  • Bila berulang, rasa nyeri yang dialami cenderung sama
  • Umumnya rasa nyeri bisa mereda dengan istirahat / obat-obatan
  • Rasa nyeri bisa menyebar ke bagian leher sampai lengan / punggung
  • Rasa nyeri yang muncul dapat di sertai dengan keringat dingin
  • Umumnya nyeri dada timbul pada saat jantung harus bekerja lebih keras, misalnya seperti saat berolahraga atau berjalan jauh
  • Rasa nyeri dapat dirasakan mulai dari 5 menit hingga lebih dari 10 menit, tergantung berat ringannya

Ciri-ciri di atas itu adalah ciri-ciri apabila penyakitnya ringan, bila lebih parah maka nyeri dada dapat saja muncul ketika istirahat & tidak berkurang dengan obat-obatan.

Ketika serangan jantung terjadi, apa yang perlu dilakukan

Pada saat serangan jantung Anda mengalami, pada saat itu Anda sedang berpacu dengan waktu. Dengan makin lambatnya Anda mendapatkan penanganan lanjut, maka otot jantung akan semakin kekurangan pasokan darah dan oksigen. Kerusakan yang dialami otot jantung akan bertambah luas sehingga bila terjadi kerusakan permanen akan menyebabkan masalah pada fungsi organ jantung. Lihat juga info menarik tentang Obat Alami Jantung Koroner Paling Ampuh Tanpa Operasi.

Berapa lamanya dari Anda merasakan nyeri dada sampai Anda sampai di unit gawat darurat pun menentukan metode pilihan tindakan yang bisa dilakukan. Semakin cepat Anda datang, maka makin baik pula hasilnya. Namun Anda di anjurkan supaya sampai / tiba di unit gawat darurat buat memperoleh perawatan dalam waktu kurang dari 2 jam dengan waktu ideal “golden hour” kurang dari 1 jam ( 60 menit ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *