Cara Mengatasi Biang Keringat Yang Sangat Menganggu

Gambar Biang Keringat

Gambar Biang Keringat

Masalah yang ditimbulkan oleh biang keringat memang beragam oleh karena itu dibutuhkan cara mengatasi biang keringat yang tepat. Biang keringat disebabkan oleh bakteri staphylococcus epidermidis.Bakteri ini menyebabkan rasa gatal dan sakit seperti ditusuk-tusuk serta bintik-bintik kemerahan pada kulit yang umumnya muncul pada bagian tubuh seperti wajah, leher, dada, punggung dan paha.Penyebab biang keringat pada dasarnya adalah keringat berlebihan pada tubuh yang tidak segera dibersihkan. Keringat yang dikeluarkan tubuh saat berolahraga ataupun dalam cuaca yang panas mengandung kotoran, sehingga jika tidak segera dibersihkan maka bakteri ini akan muncuk serta bercampur dengan keringat yang menyebabkan rasa gatal dan bintik merah pada kulit penderita.

Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat
Sebenarnya kegiatan berolahraga adalah sangat baik bagi tubuh, namun jika tidak dibarengi dengan menjaga kebersihan tubuh maka hal ini dapat memicu berbagai macam penyakit seperti salah satunya biang keringat. Untuk mengatasi biang keringat tidak dibutuhkan cara khusus sebab akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, ada beberapa cara mengatasi biang keringat yang membandel; lap keringat lalu mandi setiap kali habis berolahraga, oleskan madu untuk mengurangi biang keringat, hindari jangkauan langsung sinar matahari, rasa gatal yang diakibatkan oleh biang keringat dapat dikurangi dengan es batu, penggunaan lidah buaya dan beberapa suplemen.
Keringat berlebih yang dihasilkan saat berolahraga dapat menjadi penyebab biang keringat jika tidak segera ditangani dengan benar.Mandilah dengan sabun lalu bersihkan bagian-bagian seperti ketiak, leher serta punggung dan daerah lainnya yang menjad titik berkembangnya biang keringat.Jangan tunggu terlalu lama setiap kali habis berolahraga untuk mencegah bertambah banyaknya bakteri penyebab biang keringat.Cara mengatasi biang keringat lainya bisa dengan mengoleskan madu pada bagian yang menderita. Kandungan baik dalam madu akan mmbantu mengurangi biang keringat. Cukup oleskan dan diamkan selamakurang lebih 30 menit.Lalukan 3 sampai 4 kali seminggu.

Pada kasus biang keringat sekunder, penderita harus menghindari jangkauan langsung sinar matahari.Pada biang keringat sekunder atau milia sekunder, penyebab biang keringat itu sendiri adalah matahari.Untuk itu gunakan sunblock untuk membendung sinar matahari langsung penyebab biang keringat.Banyak kasus biang keringat terjadi pada anak kecil.Hal itu dikarenakan anak kecil jarang memperhatikan kebersihan tubuh mereka sendiri dan masih mengharapkan bantuan orang tua. Untuk kasus biang keringat yang diderita oleh anak kecil, gunakan es batu sebagai cara mengatasi biang keringat terutama untuk mengurasi rasa gatal dan sakit yang diakibatkan oleh biang keringat. Kemudian, tanaman herbal seperti lidah buaya dapat membantu untuk mengurangi biang keringat pada kulit.Hal ini dikarenakan kandungan dalam getah lidah buaya dapat membantu kulit menjadi lebih rileks sehingga dapat mempercepat penyembuhan terhadap biang keringat.

Ada pula cara lain yang bisa digunakan untuk mengobati biang keringat. Campurang gandum, gula serta madu dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengobati biang keringat.Oleskan campuran berikut pada bagian yang menderita biang keringat lalu diamkan kurang lebih 5 menit atau lebih, lalu bilas hingga bersih.Lalkukan beberapa kali dalam seminggu untuk mempercepat penyembuhan terhadap biang keringat.Pada kasus pada kulit yang parah dan tidak bisa sembuh dalam beberapa hari, maka perlu menghubungi dokter kulit sebagai satu langkah pasti menyembuhkan penyakit kulit yang diderita.Sebab bisa saja bukan biang keringat tetapi penyakit kulit lainnya. Demikianlah cara mengatasi biang keringat yang bisa anda gunakan untuk mengobati biang keringat yang anda derita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *