Dampak Buruk Penggunaan AC Bagi Kesehatan

dampak-buruk-penggunaan-ac

Bahaya AC untuk kesehatan seharusnya bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita semua. Terutama bagi anda yang gemar menggunakan AC atau sering berada di ruangan ber-AC. AC alias Air Conditioner merupakan pengatur suhu udara yang biasanya dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan, dan membuat kondisi udara di ruangan terasa nyaman. AC di ciptakan untuk bagaimana mengatur suhu dan kelembapan di dalam ruangan. Keberadaan AC sangat dibutuhkan terutama di kota yang udaranya panas. Biasanya AC banyak ditemukan di kota-kota besar. Terlepas dari semua kelebihannya, tentunya pengunaan AC juga memiliki eefek samping bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa bahaya AC.

Efek Buruk AC untuk Manusia

Pernahkah anda mengalami salah bantal? Ternyata hal ini juga merupakan salah satu bahaya AC untuk kesehatan. Penyakit ini memiliki nama ilmiah tortikolis. Salah bantal biasanya langsung terasa ketika bangun tidur. Penderita akan merasa nyeri di leher dan sakit saat menoleh ke salah satu sisi antara kanan atau kiri. Jika dipaksakan maka akan terasa nyeri hebat seperti kesetrum. Tidur dalam kondisi dingin dapat memicu kondisi leher tortikulis saat bangun tidur. Jika sudah begini, salah satu penyembuhan adalah dengan memberikan suntikan pada leher dan memberikan obat anti radang. Selain itu, AC juga dapat menyebabkan kelumpuha pada wajah.

Tidak hanya salah bantal atau kelumpuhan pada wajah saja, ternyata AC juga dapat menyebabkan penyakit bahu beku. Penyakit yang satu ini dikenal juga dengan nama frozen shoulder. Bahaya AC untuk kesehatan yang satu ini ditandai dengan tangan yang terasa sakit ketika digerakkan. Penderita akan kesulitan melakukan aktivitas yang membutuhkan gerakan mengangkat tangan karena akan terasa sakit sekali. Penyakit bahu beku ini disebabkan karena tidur dalam kondisi ruangan yang kelewat dingin.  Penyembuhan dari penyakit ini bisa di lakukan dengan terapi pemanasan atau bisa juga di injeksikan obat anti radang. Berolahraga ringan pun turut membantu otot bahu bisa lebih rileks.

Bahaya AC yang tidak boleh dilupakan yaitu dapat membuat kita sesak nafas. Hal ini karena AC memiliki kandungan zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida. Kandungan kimia tersebut memicu penyakit pernapasan seperti rasa sesak di dada atau asma. Selain itu, AC juga memiliki kandungan senyawa phthalates, yaitu semacam senyawa asam phtalic. Jika zat ini berinteraksi dengan tubuh terlalu lama akan menyebabkan masalah pada sistem reproduksi kita. Ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Pasalnya dapat menyebabkan kegangguan kehamilan. Hal ini kembali disebabkan karena adanya senyawa phthalates yang di berdampak pada kondisi janin yang berpotensi lahir cacat. Demikianlah beberapa bahaya AC untuk kesehatan.

Source : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *