Informasi Tentang Kista Yang Perlu Diketahui

Supaya tidak bertambah menginfeksi / malah berkembang menjadi kanker, tumor kista akan di angkat melalui tindakan operasi pembedahan. Walau begitu, kebanyakan orang masih ada yang merasa cemas & khawatir akan kemungkinan kembali munculnya kista usai operasi. Apakah hal ini mungkin terjadi?

Kista kembali tumbuh usai operasi, mungkinkah?

Kista

Kista ialah sebuah kantung / benjolan yang berisikan oleh cairan, udara, atau juga zat semi padat yang lainnya. Kista jinak yang ukurannya masih kecil umumnya tidak memicu gangguan kesehatan yang parah, bahkan dapat pula lenyap dengan sendirinya. Barulah pada saat tumor kista membesar dan beresiko infeksi, dokter menganjurkan buat mengangkatnya.

Umumnya prosedur pengangkatan tumor kista di laksanakan dengan menguras dan mengeringkan isi kista. Prosedur ini bisa meringankan rasa nyeri yang hadir karena  tumor kista, tetapi tak menjamin 100% Anda akan betul-betul pulih dan terbebas dari tumor kista. Pada dasarnya, jaringan bekas kista yang telah dikeringkan dapat kembali terisi cairan. 1 dari 4 peristiwa pengangkatan kista ganglion, contohnya, dapat kembali tumbuh sesudahnya.

Berdasarkan pendapat Dr. Dyah Irawati, SpOG, seorang dokter spesialis dari Brawijaya Women and Children Hospital, kista cokelat / kista endometriosis punya tingkat kekumatan yang lumayan tinggi. Hal itu yang menyebabkan tumor kista masih bisa kembali tumbuh meski telah dilakukan proses pembedahan / operasi.

Kembali tumbuhnya kista dapat diakibatkan oleh gaya hidup yang buruk usai operasi

Metode operasi pengangkatan tumor kista cuman berfungsi buat membuang massa kista saja, tidak sampai tuntas / bersih ke akarnya. Resiko tumor kista kembali tumbuh dapat dipengaruhi oleh keadaan sel kista yang tersisa masih aktif sehingga gampang buat kembali menginfeksi tubuh.

Nah, hal ini dapat di perburuk jika pola hidup Anda tidak sehat, salah satunya karena kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet / minuman mengandung kafein. Pasalnya, minuman berkafein mengandung zat methylxanthines yang mampu mengganggu kerja enzim dan menimbun racun didalam tubuh. Racun inilah yang lalu menimbun dan membentuk tumor kista. Semua proses ini tentu makin memperbesar kemungkinan kista kembali tumbuh meskipun sudah dioperasi.

Jumlah hormon didalam tubuh pun ikut berperan dalam menaikan resiko kekumatan kista, khususnya hormon estrogen & progesteron. Hal itulah yang bikin Anda akan di-anjurkan obat penekan hormon estrogen usai operasi pengangkatan tumor kista. Salah satunya ialah obat leuprorelin asetat. Kemungkinan dokter juga akan merekomendasikan obat-obatan lainnya seperti danazol, penghambat enzim aromatase, dan pil KB.

Lakukan pemeriksaan teratur dan pola hidup sehat buat mencegah tumor kista tumbuh lagi

Apabila Anda sempat melakukan operasi pengangkatan tumor kista, maka terdapat kemungkinan tumor kista dapat kembali tumbuh. Walau sebetulnya peristiwa kista tumbuh lagi dapat ditangani  dengan operasi yang ke-2 kalinya, tetapi hal ini bisa menaikan risiko komplikasi kerusakan saraf pada jaringan area kista.

Maka cegah risiko itu dengan menjalani pemeriksaan secara rutin ke dokter, terutama jika Anda mulain merasakan gejala kista yang kembali setelah operasi. Pemeriksaan secara berkala dapat pula membantu mengantisipasi risiko kista berkembang mengganas menjadi tumor kanker.

Selain dari pada itu, berolahraga rutin dan menjaga pola makan Anda tetap sehat usai operasi. Yakni dibawah ini panduan pola makan yang dapat Anda ikuti agar dapat mencegah kista kembali tumbuh, antara lain:

  • Mengubah bahan makanan karbohidrat sederhana ( produk tepung ) dengan karbohidrat kompleks, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.
  • Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah seperti roti gandum, beras merah, buah-buahan. Makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi ( contohnya kentang dan jagung ) bisa menaikan produksi insulin tubuh yang mampu menaikan risiko pertumbuhan tumor kista pada perempuan.
  • Mengonsumsi makanan protein tinggi, seperti ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Hindari konsumsi daging berwarna merah yang tinggi lemak. The National Uterine Foundation mengabarkan bahwa tingginya konsumsi daging merah yang kaya lemak dapat memicu kenaikan terjadinya kista.
  • Tidak mengkonsumsi minuman berkafein, tercakup kopi, teh, dan beragam minuman ringan.

Baca juga info penting tentang Obat Alami Kista Tanpa Operasi Terampuh.

Operasi tumor kista ovarium dilakukan jika ukuran tumor kista telah cukup besar sehingga membungkus semua ovarium dan tupa falopi / terindikasi kista dapat berkembang jadi lebih ganas lagi, terutama jika si penderita mengalami beberapa gejala seperti :

  • Buang air kecil jadi lebih sering
  • Adanya rasa nyeri ketika buang air besar
  • Kembung pada perut
  • Kelelahan dan pusing
  • Mengalami gangguan pada sistem pencernaan atau mudah kenyang padahal cuman makan sedikit
  • Nyeri panggul sebelum haid tiba atau sebelum haid berakhir
  • Mengalami perubahan siklus haid
  • Adanya rasa nyeri di area panggul saat melakukan hubungan intim
  • Nyeri di area panggul yang menyebar sampai ke bagian punggung bawah dan paha
  • Mual, muntah atau bahkan nyeri di payudara seperti yang Anda alami saat selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *